Home / Kejadian / Berita Terkini: Muhammadiyah Besok Mulai Puasa Ramadhan, NU Masih Menunggu Rukyat!
puasa
copyright@merdeka

Berita Terkini: Muhammadiyah Besok Mulai Puasa Ramadhan, NU Masih Menunggu Rukyat!

PBNU Tak Masalah Jika Awal Puasa Berbeda dengan Muhammadiyah !

Dotekno.com– Awal Puasa Ramadhan 2017 akan jatuh pada hari Sabtu Pahing 27 Mei 2017. Hal ini ditetapkan oleh Pengurus Pusat Muhammadiyah berdasarkan hisab wujudul hilal atau perhitungan penampakan bulan. Maklumat tersebut ditanda tangani Ketua dan Sekretaris PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan M Abdul Mu’ti.

Salah satu isinya berkaitan dengan ijtimak menjelang Ramadhan 1438 yang terjadi pada hari Jumat 26 Mei 2017 pukul 02.46 WIB. Sedangkan sudut ketinggian bulan pada saat matahari terbenam lebih dari 8 derajat tepatnya di Yogyakarta.

Sedangkan Kementerian Agama baru akan menggelar sidang isbat untuk menentukan awal puasa Ramadhan pada Jumat Malam. Begitu juga PBNU masih menunggu hasil pemantauan di 90 titik. Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin juga menyampaikan jika awal ramadhan 2017 seharusnya tidak ada perdebatan antara hasil hisab dan rukyat. Karena metode hisab adalah menggunakan perhitungan. Sedangkan rukyat mengandalkan pandangan mata.

Sementara itu umat Muslim di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab akan melaksanakan puasa Ramadhan mulai besok Sabtu 27 Mei 2017. Hal ini berdasarkan ketetapan 1 Ramadhan yaitu tidak nampak bulan sabit pada hari Kamis. Sama seperti di Arab, Umat Muslim Di Libanon juga mulai menjalankan ibadah puasa besok.

puasa
copyright@DP BBM

Saat dikonfirmasi, Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj tidak bisa memastikan awal puasa ramadhan bersamaan dengan Muhammadiyah sebelum rukyat hilal dilakukan. Jika nantinya hasil rukyat hilal membuat awal puasa berbeda dengan Muhammadiyah, Said tidak mempermasalahkan. Karena Nu sendiri mempunyai prinsip bahwa untuk menentukan awal ramadhan dan idul Fitri harus melalui rukyat, yaitu dengan mata melihat hilal.

Pemerintah akan menggelar sidang isbat mulai pukul 17.00 WIB. Dalam sidang ini akan dihadiri beberapa tamu undangan. Seperti Duta Besar dari negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, perwakilan Mahkamah Agung, MUI, BMKG, LAPAN, Badan Informasi Geospasial, Boscha dari ITB, Pranetarium, dan pakar falak dari Ormas Islam. Tak ketinggalan pula pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

baca juga :

Berita Terkini: Sejumlah Kemiripan Bom Kampung Melayu Dan Cicendo

 

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

foto-kapolda-semeja-dengan-pembacok-hermansyah

Berita  Terkini: Foto Kapolda Semeja Dengan Pembacok Hermansyah, Kapolda ‘Ini Hanya Kompensasi’

Ungkap Sosok Penyebar Foto Kapolda Semeja Dengan Pembacok Hermansyah, Pihak Polisi Sendiri? Dotekno.com– Beredarnya foto …