Home / Ekonomi / Berita Terkini: Harga Bawang Putih Mulai Turun Rp 30 ribu/ Kg !
harga-bawang-putih
copyright@tribunnews harga bawang putih mulai turun

Berita Terkini: Harga Bawang Putih Mulai Turun Rp 30 ribu/ Kg !

Harga Bawang Putih Melejit Karena Pasokan Impor Menurun !

Dotekno.comHarga bawang putih sempat melonjak menjadi Rp 60.000 per kg dari harga normalnya Rp 30.000 per kg. Hal ini tentu membuat sejumlah masyarakat resah apalagi mendekati awal puasa Ramadhan.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN) kamis kemarin 25 Mei 2017, harga bawang putih paling mahal terjadi di Jakarta. Yakni sekitar Rp 62.500 per kg. Dari data BPS menyebutkan jika pasokan bawang putih di pasar menurun. Misalnya pada bulan Maret kemarin tercatat impor bawang putih dari China sebesar 38.971 ton. Sedangkan bulan April 2017, China hanya mengimpor bawang putih sebesar 22.650 ton.

Pemerintah melalui Kementerian pertanian mengatakan jika kebutuhan bawang putih di negeri ini sebanyak 500.000 ton per tahun. Sedangkan pasokan dalam negeri hanya dapat memenuhi 20.000 ton per tahun. Sehingga Indonesia perlu melakukan impor. Namun hal ini akan berpengaruh pada naik turun kuantitasnya.

Sementara itu saat ini pemerintah sedang berusaha menurunkan harga bawang putih. Saat ini harga bawang putih sudah mulai stabil. Misalnya di Pasar Kebayoran Lama yaitu Rp 38.000 per kg. Sedangkan di pasar induk harga bawang putih Rp 30.000 per kg. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa harga kebutuhan dapur ini mulai menurun.

harga-bawang-putih
copyright@rayapos

Berbeda dengan harga bawang putih yang melonjak. Harga daging sapi terbilang stabil. Khususnya daging beku yang dinilai aman bagi masyarakat.

Dari data BPS tercatat bahwa harga kebutuhan pokok menjelang bulan puasa masih stabil. Bahkan diantaranya ada yang mengalami penurunan harga. Hanya saja beberapa komoditas meningkat. Untuk gula pasir sendiri terbilang cukup bagus. Begitu pula dengan harga minyak goreng curah.

Di sisi lain Kementerian Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution dalam rapatnya mengatakan untuk menjaga inflasi selama bulan puasa hingga Lebaran nanti. Khususnya harga bawang putih dan daging sapi. Ia juga berharap harga komoditas yang mengalami kenaikan akan kembali stabil pada akhir bulan. Dengan demikian inflasi ke depan lebih bagus.

baca juga :

Berita Terkini: Viral Di Fb, Tukang Ojek Tertimpa Tubuh Korban Bom Kampung Melayu!

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

sscn-bkn

Berita Terkini: Sabarrr, Situs Sscn Bkn Baru Bisa Diakses Mulai 1 Agustus !

Pelamar CPNS Harap Sabar, Situs sscn.bkn Baru Bisa Dibuka Tanggal 1 Agustus ! Dotekno.com– Situs …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *