Home / Kesehatan / Berita Terkini: Mengapa Makan Sahur Terbaik Jelang Waktu Imsak?
waktu-imsak
copyright@google image Waktu Imsak

Berita Terkini: Mengapa Makan Sahur Terbaik Jelang Waktu Imsak?

Setelah Waktu Imsak Habis Boleh Makan Hingga Azan Subuh, Asalkan

Dotekno.comWaktu Imsak setiap daerah tentunya berbeda- beda. Waktu inilah yang menentukan batas terakhir kita diperbolehkan makan atau minum. lantas kapan waktu terbaik untuk makan sahur? Nah dikutip dari Tribunnews, rupanya Rosulullah menganjurkan agar umat muslim melaksanakan makan sahur menjelang waktu imsak.

Dikaji dari segi kesehatan, salah satu praktisi Kesehatan Kota Medan, dr Indra Gunawan mengatakan tujuan makan sahur menjelang waktu imsak supaya cadangan energi bertahan lama. Sehingga rasa lapar dan haus menjadi lebih pendek.

Selain memperhatikan waktu, sebaiknya menu sahur harus seimbang. Misalnya setelah makan sahur, kita mengonsumsi buah. Dan yang paling penting adalah mengkonsumsi air mineral dengan cukup. Dengan demikian selama kita berpuasa tidak akan kekurangan cairan. Menu yang seimbang juga perlu dipenuhi dengan tujuan kebutuhan protein dan vitamin tercukupi.

waktu-imsak
copyright@google image
Waktu Imsak

Diantara kita terkadang banyak yang bertanya- tanya bolehkan kita melanjutkan makan meskipun sudah habis waktu Imsak? Pertanyaan ini dijawab oleh Prof. Dr Mukhtar Latif, M.Pd. rupanya waktu imsak adalah dimulainya kita menahan atau berpuasa. Sehingga ada baiknya menghentikan makan sebelum azan Subuh berkumandang. Namun saat kita telat makan sahur, kemudian terdengar azan Subuh, maka sebaiknya segera berhenti dan menutup dengan minum air.

Sementara itu pemirsa Tanah Air dapat menunggu waktu Imsak dengan menyaksikan Aksi Asia Indosiar. Sebuah acara yang tayang di televisi swasta Indosiar bertema religi. Acara ini terbilang sudah lama tayang. Yaitu sekitar 6 tahun. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Akis Asia Indosiar tayang menjelang sahur hingga waktu imsak.

Aksi Asia Indosiar sendiri merupakan singkatan dari Akademi Sahur Indosiar. Acara ini telah mendapat respon positif dari masyarakat. Terbukti dengan banyaknya pemirsa setiap tahunnya. Di tahun ini Aksi Asia menampilkan ustadz dan ustadzah dari Asia. Selain itu dewan juri pun berasal dari negeri tetangga. Misalnya dari Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

Acara yang menampilkan Mamah Dedeh sebagai dewan juri ini mulai tayang 27 Mei 2017. Tak diragukan lagi kemeriahannya dengan kehadiran komentator Mpk Lemeh.

baca juga :

Berita Terkini: Lewat Fb Jokowi Ucapkan Marhaban Yaa Ramadhan!

 

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

BPJS-Kesehatan

Berita Terkini: BPJS Kesehatan Gandeng Pemda Biayai PBI JKN KIS!

BPJS Kesehatan  Libatkan Pemda Biayai PBI Lewat Pajak ! Dotekno.com– BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *