Home / Kejadian / Berita Terkini: PPDB Tuai Kontra Karena Nilai UNPK Lebih Tinggi Ketimbang UNBK
ppdb
copyright@pojoksatu

Berita Terkini: PPDB Tuai Kontra Karena Nilai UNPK Lebih Tinggi Ketimbang UNBK

Adilkah Jika PPDB Jadikan Nilai Unas Sebagai Parameter Utama?

Dotekno.com– Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK Negeri tahun ajaran 2017- 2018 segera dimulai. Namun dalam hal ini muncullah pro dan kontra. Hal ini disebabkan rumor yang beredar bahwa Dinas Pendidikan Provinsi akan memakai nilau Unas sebagai parameter utama PPDB.

Pro dan kontra ini muncul setelah pengumuman hasil Unas SMP, MTs dan sederajat. Sebelumnya masalah meradang ketika hasil Unas dijadikan kelulusan siswa. Sayangnya masih ada di sejumlah daerah yang mengejar prestise. Salah satunya dengan cara menyelenggarakan Unas berbasis kertas dan pensil atau (UNPK). Diketahui cara UNPK ini rentan kecurangan.

Meski demikian sejumlah kabupaten dan kota memutuskan untuk mengikuti Unas berbasis komputer atau UNBK. Dengan alasan UNBK ini dinilai lebih menjamin kejujuran. Tetapi cara UNBK ini justru menyebabkan nilai unas di sejumlah sekolah tersebut menurun.

Sistem ini tentunya dianggap tidak adil. Pasalnya siswa peserta UNPK mempunyai nilai lebih tinggi dari pada peserta UNBK. Dengan demikian kesempatan peserta UNPK lebih terbuka lebar. Sedangkan peserta UNBK akan tersisihkan. Padahal mereka mengerjakan ujian dengan integritas cukup tinggi.

ppdb
copyright@merdeka

Untuk mengatasi hal tersebut, dinas pendidikan kabupaten dan kota dalam PPDB telah menerapkan jaring seleksi. Misalnya mengadakan tes potensi akademik. Hasil tes tersebut akan dipadukan dengan nilai Unas. Dengan adanya pembobotan maka setidaknya tidak merugikan peserta UNBK.

Apakah PPDB SMP juga akan menerapkan tes TPA ? Perbedaan sistem PPDB kabupaten/ kota dengan provinsi tentu dianggap tidak sinkron. Kasus ini akan memicu kegelisahan bagi orang tua murid.

Sementara ini Kepala Dinas Pendidikan Prov Sumatera Utara menghimbau bahwa PPDB untuk SMA dan SMK akan dilaksanakan secara online. Terkait perbedaan hasil Unas peserta UNBK dan UNKP, diharapkan tahun depan serentak dilakukan ujian berbasis komputer. Sehingga hasil Unas menunjukkan peningkatan integritas. Apalagi sistem PPDB, peserta saling bersaing terkait besarnya nilai Unas.

Sebagai evaluasi, pelaksanaan UNBK dan UNKP tahun 2017 berlangsung lancar tanpa kendala. Diharapkan saat mengikuti PPDB tidak ada kendala yang berarti.

baca juga :

Berita Terkini: Mengapa Makan Sahur Terbaik Jelang Waktu Imsak?

 

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

foto-kapolda-semeja-dengan-pembacok-hermansyah

Berita  Terkini: Foto Kapolda Semeja Dengan Pembacok Hermansyah, Kapolda ‘Ini Hanya Kompensasi’

Ungkap Sosok Penyebar Foto Kapolda Semeja Dengan Pembacok Hermansyah, Pihak Polisi Sendiri? Dotekno.com– Beredarnya foto …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *