Home / Kejadian / Berita Terkini: Hasil SBM PTN 2017 Prodi Kependidikan Tidak Jadi Favorit, Mengapa?
SBM-PTN
copyright@jambur.com

Berita Terkini: Hasil SBM PTN 2017 Prodi Kependidikan Tidak Jadi Favorit, Mengapa?

Pengumuman SBM PTN Bisa Dicek Hari Ini, Tiga Kampus Besar Ini Diperebutkan!

Dotekno.com– Akhirnya Panitia telah menetapkan jumlah peserta yang lolos SBM PTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) hari ini 13 Juni 2017 pada pukul 14.00. Sejumlah 148.066 peserta dinyatakan lulus. Diantaranya masuk ke Universita Brawijaya Malang, yang merupakan kampus paling banyak menerima peserta SBM PTN. Kampus negeri yang ada di Jawa Timur ini setidaknya menerima berkas pelamar sebanyak 4.176 orang.

Sedangkan kampus lain yang menjadi incaran peserta SBM PTN adalah Universitas Nusa Cendana sebanyak 4.122 pelamar, Universita Negeri Padang setidaknya ada 4.022 pelamar, Universitas Padjajaran Bandung 4.020 pelamar dan Universita Diponegoro sebanyak 3.546 orang.

Bukan hal baru lagi, pelamar juga memperebutkan masuk ke tiga kampus terkenal seperti ITB Bandug, UI Jakarta, dan UGM Yogjakarta. Seperti kelompok Sains dan teknologi (saintek), calon mahasiswa bersaing ketat memperebutkan kampus ITB, kemudian UI, dan UGM. Posisi berbeda pada peminat Sosial humaniora, terbanyak peserta berminat di UI, UGM, kemudian ITB.

Terkait pengumuman penerimaan SBM PTN tahun ini, Ketua Umum Panitia Pusat Ravik Karsidi mengatakan agar peserta mengecek hasil pengumumannya melalui situs resmi. Dengan memasukkan nomor peserta ujian dan tanggal lahir.

SBM-PTN
copyright@ristekdikti

Fenomena perebutan 3 kampus di atas telah terjadi dari tahun ke tahun. Hal ini menurut Ravik adalah sesuatu yang wajar. Apalagi hasil nilainya rata- rata tinggi. Tak heran jika ketiga kampus UI, UGM, dan ITB masuk dalam 500 besar kampus terbaik di dunia.

Terkait jumlah peserta SBM PTN, Rektor UNS Solo menyatakan adanya kenaikan dibandingkan dengan tahun lalu. Jika tahun lalu sebanyak 721.328 pelamar dari 78 PTN. Untuk tahun ini jumlah pelamar mencapai 797.738 dari 85 PTN.

Panitia SBM PTN awalnya mengalokasikan kuota maba sebanyak 128.085 kursi. Tetapi karena ada luncuran kursi dari peserta SNM PTN yang tidak terisi, maka panitia menambah kuota hingga 146.066 orang. Istimewanya, hasil SBM PTN 2017 ini juga diikuti 38 pelamar difabel dari 226 peserta. Mereka dikategorikan sebagai Tunarungu, tunanetra, tunawicara, dan tunadaksa.

Sementara itu secara keseluruhan, berdasarkan hasil pengumuman SBM PTN. Jika diranking ada 10 prodi favorit. Adalah manajemen, akuntansi, ilmu hukum, dan pendidikan dokter. Selain itu ada pula teknik sipil, ilmu komputer, informatika, psikologi, farmasi, dan agrobisnis.

Pada tahun 2-17 ini, prodi guru tidak termasuk favorit. Hal ini karena untuk menjadi calon guru ada saringan awal seperti bakat, minat, dan kesehatan. Tak hanya itu lulusan S1 tidak bisa menjadi guru. Melainkan harus mengikuti PPG. Sehingga sarjana lulusan MIPA atau prodi non keguruan bisa menjadi guru asalkan mengikuti PPG.

baca juga :

Berita Terkini: PPDB Tuai Kontra Karena Nilai UNPK Lebih Tinggi Ketimbang UNBK

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

foto-kapolda-semeja-dengan-pembacok-hermansyah

Berita  Terkini: Foto Kapolda Semeja Dengan Pembacok Hermansyah, Kapolda ‘Ini Hanya Kompensasi’

Ungkap Sosok Penyebar Foto Kapolda Semeja Dengan Pembacok Hermansyah, Pihak Polisi Sendiri? Dotekno.com– Beredarnya foto …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *