Home / Kejadian / Berita Terkini: Daftar PTN Penerima Bidikmisi Terbanyak 2017 !
bidikmisi
copyright@pojoksamber

Berita Terkini: Daftar PTN Penerima Bidikmisi Terbanyak 2017 !

Peserta Lolos SBMPTN di UM Melebihi Kuota Penerima Bidikmisi

Dotekno.comBidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Seiring dengan hasil pengumuman SBM PTN 2017 hari ini, Kemenristek Dikti (Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi) telah merilis PTN yang menerima peserta bidikmisi. Melalui laman Facebook (Fb), calon mahasiswa dapat mengetahui kampus mana yang menerima beasiswa ini.

Seperti Universitas Negeri Padang (UNP) mempunyai penerima beasiswa Bidikmisi terbanyak yaitu 1.684 calon mahasiswa. Dari keterangan Menristekdikti, Mohamad Nasir menyatakan jika peserta penerima beasiswa Bidikmisi tahun 2017 meningkat menjadi 158.157 peserta. Sedangkan tahun lalu sebanyak 124.398 peserta.

Berikut ini 10 PTN yang mempunyai Peserta SBM PTN 2017 Bidikmisi paling banyak :

  1. Universitas Negeri Padang = 684
  2. Universitas Negeri Gorontalo = 539
  3. Universitas Malikussaleh = 367
  4. Universitas Halu Uleo = 113
  5. Universitas Negeri Semarang = 109
  6. Universitas Trunojoyo = 081
  7. Universitas Jember = 924
  8. Universitas Negeri Surabaya = 921
  9. Universitas Sebelas Maret = 911
  10. Universitas Pendidikan Indonesia = 900
bidikmisi
copyright@anakuntad

Sementara itu Dirjen Belmawa Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Intan Ahmad mengatakan jika calon mahasiswa Bidikmisi bisa menggunakan 3 jalur. Yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan jalur Mandiri. Bagi mereka yang telah lulus seleksi akan dilakukan verifikasi kelayakan dan verifikasi kuota oleh PTN penerima. Untuk tahun 2017 ini, jumlah kuota beasiswa bidikmisi adalah 80.000 orang.

Jumlah peserta bidikmisi ini lebih tinggi dari kuota. Dengan catatan supaya perguruan tinggi dapat membantu calon mahasiswa dari kalangan tidak mampu. Seperti yang telah dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB). Melalui Herry Suhardiyanto selaku Ketua Majelis Rektor PTN mengatakan untuk mengatasi kekurangan kuota bidikmisi dengan menggunakan bantuan beasiswa dari alumni.

Di kampus lain, yaitu di UM Malang kuota penerima beasiswa sebanyak 550 mahasiswa. Sedangkan peserta yang lolos SBM PTN ada 895 orang. Sebagai langkah penyelesaian, Wakil Rektor 1 UM Prof Dr Hariyono MPd mengajukan tambahan kuota ke Kemenristekdikti. Jika tidak dikabulkan makan, pihak UM belum bisa memastikan apakah 895 mahasiswa tersebut bisa lolos Bidikmisi.

baca juga :

Berita Terkini: Hasil SBM PTN 2017 Prodi Kependidikan Tidak Jadi Favorit, Mengapa?

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

foto-kapolda-semeja-dengan-pembacok-hermansyah

Berita  Terkini: Foto Kapolda Semeja Dengan Pembacok Hermansyah, Kapolda ‘Ini Hanya Kompensasi’

Ungkap Sosok Penyebar Foto Kapolda Semeja Dengan Pembacok Hermansyah, Pihak Polisi Sendiri? Dotekno.com– Beredarnya foto …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *