Home / Kejadian / Metamorfosis Kartu Ucapan Idul Fitri Zaman Cetak Hingga Lewat MedSos!
ucapan-idul-fitri
copyright@google image

Metamorfosis Kartu Ucapan Idul Fitri Zaman Cetak Hingga Lewat MedSos!

Kartu Ucapan Idul Fitri Tak Lagi Diminati Generasi 2000an

Dotekno.com– Anda remaja generasi 1980-an? Ingatkah masa- masa saling mengirim kartu Ucapan Idul Fitri menjelang hari H? Bagaimana dengan generasi 2000an? Masih adakah saling mengirim kartu ucapan selamat Idul Fitri?

Serasa diingatkan kembali ke masa itu.  Tiga atau dua minggu sebelum Idul Fitri, para remaja generasi 1980an sibuk menyiapkan kartu ucapan Lebaran. Mereka memadati toko buku atau koperasi untuk memburu kartu Ucapan Idul Fitri. Setelah kartu siap, mereka pun  mengirim ucapan selamat dan saling bermaafan kepada teman atau kekasih bahkan sanak saudara yang berada dikejauhan.

Mereka sengaja memilih kartu ucapan Idul Fitri yang paling bagus. Supaya penerima kartu merasa berkesan. Tak hanya kartu, para remaja ini kemudian memburu perangko. Setelah semuanya siap, dengan tulisan terbaiknya, mereka pergi untuk mengirimkan kartu ucapan.

Biasanya di kantor pos sudah berdiri deretan panjang antrian. Bisa terasa lelahnya mengantre. Petugas pos akan menawari jenis pengiriman, untuk paket biasa biayanya lebih murah tapi membutuhkan waktu lama untuk sampai. Sebaliknya paket kilat khusus, butuh biaya lumayan mahal tetapi surat cepat sampai.

ucapan-idul-fitri
copyright@lemabang

Penerima kartu ucapan akan merasa surprise mendapatkan kartu ucapan Idul Fitri dari kejauhan. Namun saat ini hal tersebut jarang ditemui. Pasalnya orang- orang lebih memilih menggunakan media elektronik, seperti sms, telepon, dan jejaring sosial lainnya. Apalagi dengan kemajuan internet dan teknologi membuat remaja saat ini tidak lagi mengenal perangko.

Bahkan kartu ucapan Lebaran dianggap sebagai barang kuno. Ada cara yang lebih praktis, mengirimkan gambar animasi melalui aplikasi yang tersedia di smartphone. Tak butuh antrean panjang, cepat sampai, biaya pun murah. Tapi bagaimana kesan yang dirasakan penerima? Sebagian banyak mereka merasa seperti menerima chat biasa. Tidak terlalu berkesan seperti menerima surat berprangko.

Seperti yang dikatakan Adi Prasetyo alumus UPN Veteran, melalui smartphone orang bisa menyampaikan ucapan Idul Fitri tanpa ada batas ruang dan waktu. Bahkan saat ini banyak aplikasi yang menyediakan layanan video call.

Sementara itu pengiriman kartu lewat pos terkadang terlambat datang. Atau waktunya tidak sesuai dengan ekspektasi. Sehingga masyarakat lebih memilih menggunakan sosial media, proses cepat tidak membutuhkan waktu lama.

Jika Anda pernah mengalamani masa memakai kartu ucapan Lebaran, jangan mengaku generasi muda lagi !

baca juga :

Di Bulan Ramadan, Hindari Hubungan Suami Istri Siang Hari, Jika Tak Ingin…

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

foto-kapolda-semeja-dengan-pembacok-hermansyah

Berita  Terkini: Foto Kapolda Semeja Dengan Pembacok Hermansyah, Kapolda ‘Ini Hanya Kompensasi’

Ungkap Sosok Penyebar Foto Kapolda Semeja Dengan Pembacok Hermansyah, Pihak Polisi Sendiri? Dotekno.com– Beredarnya foto …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *