Home / Kejadian / Berita Terkini:  Hati- Hati Mainan Fidget Spinner Ternyata Berbahaya
spinner
copyright@duniku.net

Berita Terkini:  Hati- Hati Mainan Fidget Spinner Ternyata Berbahaya

Belum Ada Penelitian Membuktikan Mainan Fidget Spinner Menghilangkan Autisme

Dotekno.com– Fidget Spinner merupakan mainan yang sedang trend di tahun 2017 ini. Tak hanya anak- anak, orang dewasa pun ikut menggemari fidget spinner ini. Bagaimana cara memainkannya? Anda cukup memegang bagian tengah fidget spinner dengan dua jari, yaitu telunjuk dan ibu jari. Kemudian putarlah menggunakan jari tengah.

Jenis mainan yang berharga belasan hingga ratusan ribu ini ditemukan pertama kali oleh Catherine Hettinger pada tahun 1996. Meski sekedar mainan kecil, rupanya fidget Spinner mempunyai banyak manfaat. Misalnya bisa mengurangi stress, gangguan stres paska trauma (PTSD), kegelisahan, dan Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD).

Pemasar Fidget Spinner asal Amazon, Cpssle spinner pernah memberi jaminan bahwa mainan tersebut dapat membantu meningkatkan konsentrasi terhadap kondisi kecemasan, autisme, dan ADHD.

Namun hal ini dibantah oleh Rapport dan rekannya dalam Journal of Abnormal Child Psychology. Tim Rapport mengatakan jika anak- anak penderita ADHD memang membutuhkan aktivitas motorik kasar. Seperti pergerakan anggota tubuh. Namun demikian, Fidget Spinner tidak dapat diklaim sebagai mainan yang membantu anak- anak penderita ADHD. Karena tidak disertai dengan penelitian yang khusus.

spinner
copyright@youtube

Dari segi visual, Fidget Spinner justru mengganggu. Karena anak- anak menjadi tidak fokus saat belajar. Mereka lebih tertarik bermain Fidget Spinner.

Sedangkan dari segi kesehatan, Fidget Spinner bisa membuat anak menjadi tersedak karena ada bagian kecil dari mainan ini. sehingga amat perlu perhatian orang tua dalam bermain. Ada baiknya jika setiap orang tua berpikir ulang untuk membelikan sang buah hati spinner.

Dalam laporan World Against Toy Causing Harm atau WATCH mengatakan jika Fidget Spinner telah dilarang beredar di sekolah. Tak lain karena bisa terpecah menjadi pecahan kecil sehingga tersedak. Seperti yang terjadi pada anak- anak di Texas dan Oregon. Mereka terpaksa dilarikan ke Rumah sakit karena tertelan potongan mainan spinner.

WATCH juga menyampaikan jika Fidget Spinner  bisa terbakar hingga menyebabkan luka. Kebakaran ini terjadi karena penggunaan sumber energi lithium pada hoversboards.  Ia juga menyimpulkan bahwa mainan yang populer belum tentu aman.

baca juga :

Berita Terkini: Rayakan Ultah Jokowi, Akun Fb Ini Paling Heboh Beri Ucapan!

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

foto-kapolda-semeja-dengan-pembacok-hermansyah

Berita  Terkini: Foto Kapolda Semeja Dengan Pembacok Hermansyah, Kapolda ‘Ini Hanya Kompensasi’

Ungkap Sosok Penyebar Foto Kapolda Semeja Dengan Pembacok Hermansyah, Pihak Polisi Sendiri? Dotekno.com– Beredarnya foto …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *