Home / Ekonomi / Berita Terkini: Bisnis Jamur Tiram, Mantan TKI Ini Kantongi Omset Rp 50 juta Per Bulan !
tiram
copyright@alamtani

Berita Terkini: Bisnis Jamur Tiram, Mantan TKI Ini Kantongi Omset Rp 50 juta Per Bulan !

Budidaya Jamur Tiram Membludak, Agus Fokus Sediakan Bag Log!

Dotekno.com– Budidaya jamur tiram kini semakin populer. Apalagi masyarakat semakin menggemari jamur tiram karena mudah diolah. Selain dimasak sebagai sayur, jamur tiram juga cocok diolah menjadi makanan ringan seperti keripik jamur, jamur crispy dan sejenisnya.

Bahkan meskipun banyak orang yang membudidayakan jamur tiram, kenyataannya kebutuhan pasar terus meningkat. Salah satunya adalah Agus Sugiono warga Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur. Pria 34 tahun ini terbilang sukses bergelut di bidang budidaya jamur.

Dikutip dari kisahnya, Agus memulai usaha ketika pulang dari Luar Negeri sebagai TKI (Tenaga Kerja Indonesia). Ia menggunakan gajinya sebagai modal. Hingga saat ini usahanya berjalan 4 tahun. Bukan sekedar iseng lagi, usaha Agus pantas diacungi jempol. Dalam satu bulan ia mampu mengantongi omset kotor sekitar 50 juta rupiah.

Saat diwawancarai, bapak dua akan ini menceritakan kegelisahannya usai pulang dari luar negeri. Ia sempat bingung mencari kerja. Beruntung saat itu seorang teman memberi tahu supaya mantan TKI ini menekuni usaha budidaya jamur tiram. Kini berkat usaha kerasnya, hasil yang diperoleh sangat menjanjikan.

tiram
copyright@satujam

Pada tahun- tahun pertama, Agus hanya menyediakan jamur yang dijual ke pasar dan tangga. Kemudian permintaan semakin berkembang. Ia kini beralih memproduksi media tanam jamur (bag log). Hal ini karena semakin banyak tetangga yang mencoba membudidayakan tiram. Sehingga Agus bisa menyediakan kebutuhan bag lognya.

Dikutip dari pernyataannya, Agus mengatakan “konsumen yang saya layani mulai dari Jawa hingga Bali, rata- rata per bulan saya harus bisa memenuhi permintaan konsumen sekitar 20- 25 ribu bag log, dengan harga jualnya per log Rp 2.200, itu pembeli ambil sendiri ke rumah, kalau diantar biasanya pembeli saya bebani ongkos kirim Rp 100 ribu per 500 log”

Untuk memenuhi permintaan konsumen, Agus dibantu 7 orang karyawan. Keseluruhan karyawannya adalah ibu rumah tangga. Hingga saat ini Agus merasa belum menemui kendala yang berarti. Hanya saja sering kesulitan mendapatkan serbuk kayu sebagai media tanam jamur.

Sebagai informasi jamur tiram adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota. Ciri umumnya mempunyai tubuh buah berwarna putih hingga krem. Dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung.

 

baca juga :

Berita Terkini: Diaspora Indonesia Besok Diisi Pidato Obama dan Anies, Apa Isu Yang Diangkat?

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

sscn-bkn

Berita Terkini: Sabarrr, Situs Sscn Bkn Baru Bisa Diakses Mulai 1 Agustus !

Pelamar CPNS Harap Sabar, Situs sscn.bkn Baru Bisa Dibuka Tanggal 1 Agustus ! Dotekno.com– Situs …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *