Home / Politik / Berita Terkini: Alasan Mengapa Palangkaraya Jadi Kandidat Ibu Kota Negara
palangkaraya
copyright@wisatalengkap

Berita Terkini: Alasan Mengapa Palangkaraya Jadi Kandidat Ibu Kota Negara

Harga Tanah Murah Jadi Alasan Palangkaraya Terus Dikembangkan

Dotekno.com-Mengapa Palangkaraya selalu menjadi idola ibu kota baru Indonesia? Sejak zaman pemerintahan presiden RI ke 1 Sukarno hingga Joko Widodo, ibu kota provinsi Kalimantan Tengah selalu ramai dibicarakan.

Dilansir dari berbagai sumber, Wijanarka penulis Buku Sukarno & Desain Rencana Ibu Kota RI di Palangkaraya memberikan penjelasan. Saat itu Sukarno mencanangkan ide untuk memindah ibu kota Jakarta ke Palangkaraya di tahun 1957- 1958. Karena kota tersebut berada di tengah negeri ini. sehingga ia lebih sering dibicarakan sebagai calon ibu kota negara dibandingkan kota lainnya.

Ketika itu Sukarno beranggapan jika Indonesia sebaiknya mempunyai ibu kota yang dibangun oleh anak bangsa sendiri. Karena Jakarta merupakan peninggalan dan rancangan Belanda. Pada saat itu belum jadi dipindah karena di kota tersebut belum mempunyai jalan darat. Sebagai jalur transportasi masyarakat menggunakan jalur sungai. Hal ini akan menyulitkan proses pengadaan bahan bangunan.

Selain alasan di atas, kala itu Presiden RI Pertama ini sedang mempunyai banyak rencana yang bertaraf internasional. Misalnya Asian Games dan lainnya. Sehingga tak mungkin jika ibu kota dipindahkan dalam waktu dekat.

palangkaraya
copyright@lewatmana

Dari keterangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau kepala Bappenas mengatakan jika rencana pemindahan ibu kota akan selesai tahun ini. dilihat dari jumlah penduduknya, Kalimantan terbilang masih sedikit dengan lahan yang sangat luas. Sehingga Krisna Nur selaku Dosen Planologi ITB mengatakan jika pembangunan terus dilakukan di Jakarta maka berdampak kurang sehat.

Jika dibandingkan di Palangkaraya, harga tanah jauh lebih murah. Hal ini berpeluang untuk dikembangkan dan orang tertarik datang. Bambang menambahkan jika pemindahan pusat administrasi pemerintahan, ke luar dari Jakarta kemungkinan akan dimulai tahun 2018 atau 2019. Selain Kalimantan Tengah, pemerintah juga mempunyai kandidat kota lain sebagai pusat negara. Misalnya Makassar di Pulau Sulawesi.

Sebagai informasi, Palangkaraya mempunyai luas wilayah 2.400 km persegi. Dengan jumlah penduduk sebanyak 220.962 jiwa. Sehingga kepadatan penduduknya sekitar 92.067 jiwa setiap km persegi. Saat ini Kota yang menjadi ibu kota provinsi Kalimantan Tengah ini mempunyai 5 kecamatan.

baca juga :

Berita Terkini: Rayakan Ultah Jokowi, Akun Fb Ini Paling Heboh Beri Ucapan!

About chandra

hay, saya chandrakirana. penulis Dotekno.com yang ingin berbagi seputar informasi. semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat !!!

Check Also

jokowi

Berita Terkini: Rayakan Ultah Jokowi, Akun Fb Ini Paling Heboh Beri Ucapan!

Ultah Jokowi ke 56, Warganet Banjiri Ucapan Doa Di Fb, Twitter dan IG Dotekno.com– Hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *